Sunday 28 July 2013
0 comments

Cara full screenshoot website

Salah satu add-on/extension yang saya sukai adalah Awesome Screenshot. Extension untuk browser Google Chrome ini bisa digunakan untuk meng-capture sebagian atau seluruh halaman website. Selain screenshot, extension ini juga menyediakan fasilitas editor sederhana yang memungkinkan kita untuk meng-crop gambar, menambahkan tulisan, memberi tanda panah, atau juga mengaburkan/blur informasi yang sensitif (seperti nomer hp atau alamat rumah).
Setelah selesai mengedit, Anda bisa menyimpan hasil Screenshot secara online & permanen di Diigo.com atau Google drive. Kalau Anda lebih suka penyimpanan offline di hardisk komputer, Awesome Screenshot juga memberikan opsi tersebut. Format caputer gambar berupa file PNG.

Cara Install Awesome Screenshot

1. Buka Google Chrome
2. Kunjungi halaman Chrome webstore. Tips: login dengan akun Google Anda, kalau ingin extension yang kita download bisa di sinkronisasikan dengan browser chrome di perangkat lain.
3. Ketikkan kata “Awesome Screenshot” atau langsung kunjungi disini
4. Klik tombol “Add To Chrome” untuk menginstallnya.
install Awesome Screenshot
5. Setelah selesai install maka akan muncul icon Awesome Screenshot di pojok kanan atas browser chrome.

Cara Penggunaan Awesome Screenshot

1. Klik icon Awesome Screenshot, dan pilih salah satu dari 3 menu berikut: Capture halaman full screen, capture area tertentu, capture website full halaman ( automatis scroll).
menu pilihan Awesome Screenshot
2. Setelah selesai mengcapture, maka Anda akan di bawa ke halaman editor untuk crop, menambahkan tulisan, memblur tulisan dll. Kalau Anda tidak ingin mengedit langsung tekan tombol ‘Done’.
Selesai proses editing sederhana
3. Simpan hasil gambar secara online ke Diigo.com atau Google drive. Untuk offline pilih opsi ‘Save image as file’. Kalau anda ingin edit lebih lanjut ke program lain, Anda bisa pilih copy to clipboard.
simpan hasil capture
So, kalau Anda seorang blogger atau web designer yang butuh screenshot halaman web Full Page (dari Header sampai ke Footer) atau sebagian saja, maka Awesome Screenshot bisa jadi tools yang sangat berguna.
Semoga bermanfaat happy

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top